Modifikasi Yamaha Scorpio minimalis ini full set menggunakan  kaki-kaki kekar Kawasaki Ninja 250R.

Motor oprekan tangan piawi mekanik "subur" Apit Ndut yang bermarkas  di Bengkel YSCI adalah milik 
H. Iwan Nurohman YSC 174  aka  Eagle-1. Full set "kaki-kaki" gress bin anyar ini diperoleh dari  pemilik Kawasaki Ninja 250 yang kebenaran banget ingin memodifikasi  motor anyarnya, padahal belum sempat diajak "meng-aspal" jalan Ibu Kota  Jakarta. Tanpa pikir panjang, langsung ditebus kaki-kai full set  tersebut. Semua masih dalam kondisi gress…..
Kendala Pemasangan? hampir tidak ditemui  kendala dalam memasang kaki-kaki kekar N250R ini. Penyesuaian hanya  dilakukan pada beberapa bagian. Dimulai dari 
Segitiga bawah  yang dikenal 
Under Bracket Comp dalam bahasa  kerennya. 

As Segitiga  milik Yamaha Scorpio dicopot dan dibenamkan dengan bantuan tukang bubut  ke dalam segitiga Ninja. Alhasil, saat memasang segitiga Kawasaki Ninja  yang telah menggunakan As Yamaha Scorpio itu, langsung dengan mudah  terpasang alias tinggal "plek" masuk ke dalam rumah komstir Yamaha  Scorpio 

. Dengan begitu, komstir Yamaha  Scorpio masih tetap digunakan. Setelah kelar pemasangan Segitiga  atas-bawah,  dilanjutkan dengan merakit batang shock (
inner  tube) kiri dan kanan dan menyesuaikan pegangan lampu,  brecket spakbor dst. Penyesuaian lanjutan pada sektor segitiga, adalah  membuat 
raiser stang/
handlebar. Karena Kawasaki Ninja  250 dari sananya bergaya sport tulen yang mengadopsi stang jepit,  sementara Yamaha Scorpio adalah sang pejantan turing alias sang Cruiser.  

Kurang sreg rasanya jika menggunakan stang jepit ala  Sport tulen. Akhirnya dibuatlah dudukan stang alias 
raiser  menggunakan bahan duralium yang dikenal kokoh dengan bantuan "sang  maestro" bubutan.
Setelah rampung pemasangan shock depan berikut atributnya. Kemudian  dilanjutkan pemasangan 
Swing arm atau 
Rear  Arm Kawasaki Ninja, lagi-lagi tidak ditemukan kendala  berarti. Pertama, model rear arm Kawasaki Ninja sama persis dengan  Yamaha Scorpio yaitu model huruf A.  

 Sehingga tinggal menyesuaikan saat  memasang pada rangka. Kedua, ketika diukur panjang rumah as rear arm  Kawasaki Ninja, masih lebih panjang rear arm Yamaha Scorpio dengan  selisih panjang 1mm kiri dan kanan atau hanya setebal 1 buah ring baut.  Jadi hanya tinggal slipkan masing-masing 1 buah ring ketebalan 1mm kiri  dan kanan, "plek" langsung rear arm dengan mudahnya dijepit oleh rangka  Yamaha Scorpio. 

Penyesuaian dilakukan hanya saat memasang 
bushing  arm milik Yamaha Scorpio. Bonggol ujung-ujung bushing arm  Yamaha Scorpio masih sedikit kebesaran bila dimasukan ke dalam arm  Ninja. Lagi-lagi, peran serta tukang bubut dilibatkan. Sekitar 1mm kedua  ujung busing arm Scorpio dikecilkan. Setelah itu, bushing arm dengan  penuh keleluasaan memasuki arm Ninja 250.Dengan begitu rampung deh  pemasangan Swing Arm Ninja 250 tanpa kendala berarti.
Penyesuaian lanjutan pada pemasangan 
rear arm adalah pada  saat pemasangan 
monocross yaitu penghubung/
link lengan  ayun/rear arm dengan monoshock (Connecting rod dan Arm relay). Kawasaki  mengadopsi sistem uni-track sementara Yamaha Scorpio menggandalkan  monocross. Upaya kombinasi dilakukan, 
 Conrod - CR
Conrod - CR (see  no.20) yang berbentuk seperti teropong/kaca-mata itu dipensiunkan.  Diganti dengan 2 bilah besi milik uni-track Kawasaki Ninja yang hanya  disesuaikan panjangnya. Sementara 
Arm Relay AR  (see no.13 ) pun dimodifikasi agar bisa disandingkan dengan 2 bilah  besi uni-track tersebut. (
lengkapnya lihat bahasan Monocross tanpa  Conrod). Setelah rampung, perakitan rear arm dan pemasangan  monoshock yang masih mengandalkan monoshock Yamaha Scorpio dengan  mudahnya terpasang rapi dan empuk. Buritan-pun tidak terlihat  ceper/ambles karena saat pembuatan 2 bilah besi uni-track sekaligus  mengukur tinggi buritan yang proporsional alias tidak terlalu nungging  dan juga tidak terlihat ceper/ambles walau untuk berboncengan. Monoshock  masih cukup lembut menahan guncangan di medan aspal keriting yang kerap  ditemui saat turing.
Dengan terpasangnya shock depan dan rear arm, modifikasi hampir  memasuki tahap finishing yaitu tinggal memasang 
cast wheel alias  pelek depan belakang. Tentunya pasti mudah tanpa perlu penyesuaian  karena semua yang digunakan dari 1 sumber alias full set Ninja 250.  Penyesuaian akhir hanya terletak pada mata rantai dan rear sprocket  alias gir belakang 

. Rear arm Kawasaki ternyata 3-4cm lebih panjang  dari Yamaha Scorpio. Sehingga diperlukan mata rantai yang sedikit lebih  panjang dari bawaan Yamaha Scorpio yang hanya 118 mata. Pilihan  dijatuhkan pada produk Kawasaki juga, yaitu rantai Kawasaki Eliminator  yang memiliki panjang 130 mata dengan tipe yang sama yaitu 428H.  Kemudian dilanjutkan penyesuaian gir belakang. Kawasaki Ninja  menggunakan gir 44T-520 sementara Scorpio 44T-428. Mau tidak mau gir  Kawasaki Ninja dilengserkan, perburuan gir belakang membuahkan hasil.  Gir belakang Kawasaki KLX 150 memiliki ukuran yang sama dengan Scorpio  yaitu 44T-428 dengan diameter lubang tengah yang sama persis dengan  Kawasaki Ninja. Perpaduan ciamix……… tinggal menyesuaikan lubang bautnya  saja, Ninja memiliki 6 baut sementara KLX hanya 4 lubang baut. Selesai  membuat lubang baut menyesuaikan dengan Ninja. Akhirnya rampung  sudah…………
Test riding? Hasil modifikasi yang  ajibbbbbbbbbb, setelah dilakukan uji kelaikan jalan. Ternyata memiliki  nilai 100 poin alias sempurna. Handling mantab dan stabil. Manuver saat  rebah luarrrrrr biasa stabil karena ditopang diameter shock depan yang  besar sehingga rebound sangat mantap. Uji dilanjutkan dengan menempun  perjalanan jauh saat turing. Umumnya baru muncul kekurangan saat  perjalanan jauh, ternyata itupun tidak terjadi. Hasil modifikasi  sempurna, sangat laik untuk jalan dan cukup pantas direkomendasikan.
Spesifikasi:- Pelek Kawasaki Ninja 250 Original - Cast wheel (Front) 2.75-17 +  Cakram 300mm
- Pelek Kawasaki Ninja 250 Original - Cast Wheel (Rear) 3.50-17 +  Cakram 220mm
- Ban (front) IRC Winner 110/70/17
- Ban (rear) Battlax BT45 140/60/17 (cat: bisa masuk hingga 160/70)
- Swing Arm/Rear Arm Kawasaki Ninja 250
- Monoshock (standar) Yamaha Scorpio 225
- Shock Teleskopik (Front) Kawasaki Ninja 250 (Diameter 37mm, Yamaha  Scorpio 31mm)
- Front Caliper Kawasaki Ninja 250
- Front Master Rem Kawasaki Ninja 250
- Rear Caliper Yamaha Scorpio 225
- Rantai Kawasaki Eliminator
- Gir/Sprocket 44T-428 Kawasaki KLX 150
- Raiser custom
- Arm relay custom
Dana modifikasi: dana yang dihabiskan berikut  pemasangan direntang 
Rp. 9 - 10 JutaModifikator: Bengkel Yamaha Scorpio Indonesia, Jl  KS Tubun III No.2A Phone 021.5481467 Mekanik: APIT GENDUT